Rabu, 27 Maret 2013

SENJATA KUAT dan PEMIMPIN

SENJATA DAN PEMIMPIN

Pada jaman kerajaan dulu, orang yang memiliki senjata pusaka sakti seperti keris atau tombak, atau senjata khas daerahnya yang paling sakti yang menguasai dan jadi pemimpin di daerah tersebut. Bahkan menjadi rajanya adalah orang yang paling kuat. Namun jaman telah berubah. Sekarang tidak lagi dibutuhkan benda-benda semacam itu untuk menguasai dan berkuasa.
Kekuatan yang diperlukan sekarang adalah kekuatan ilmu dan teknologi. Untuk menjadi seorang pemimpin bukan lagi mencari pusaka. tetapi menimba ilmu dan pengetahuan sesuai bidangnya yang ia geluti. Hal ini untuk tingkatan individu.
Untuk sebuah bangsa, senjata modern tetap harus dimiliki untuk menjadi negara yang bermartabat, tidak diremehkan dan diganggu negara lain. selain kekuatan persatuan warganya juga lebih penting.
Sehingga yang ada pada jaman dulu yang muncul adalah padepokan-padepokan silat, dan olah kanuragan, tokoh-tokoh sakti, pertapa sakti, dan pendekar-pendekar.
Sementara yang ada sekarang adalah sekolah-sekolah dan kampus-kampus yang mencetak ilmuwan dan mahir dibidangnya. Bukan gelar pendekar tapi gelar sarjana, master, doktor dan sebagainya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar