Selasa, 26 Maret 2013

ERA DIGITAL

Banyak perubahan lifestyle (gaya hidup) yang ada dari masa ke masa, terutama setelah muncul adanya komputer dan internet serta handphone.
Dari yang tadinya berbentuk manual jadi komputerisasi. dan dari bentuk nyata ke bentuk digital. Apa sajakah perubahan itu? menyebabkan berkurangnya dan menghilangnya perangkat yang diganti dengan teknologi ini.

1. kamus
Pada masa lalu orang menenteng kamus ke sekolah-sekolah, kampus dan juga ke tempat yang memiliki bahasa yang berbeda. Semakin tebal dan berat semakin lengkap dan baik isinya biasanya. karena ada cara bacanya, semakin lengkap isi kosa katanya dan keterangan lainnya. juga semakin mahal.
Namun sekarang kamus yang tebal-tebal tersebut mungkin sudah jarang kita lihat orang yang membawanya kemana-mana, karena beratnya. selain itu karena sudah adanya kamus digital yang bisa diinstall di komputer, laptop, dan hand phone.
bahkan berbagai kamus ada diinternet, tinggal mengunduhnya. Kelebihannya kita tidak perlu membawa kamus yang berat, tak perlu membolak balik halaman mencari kata yang kita perlukan. cukup hanya mengetik saja kata yang dimaksud. langsung muncul artinya. jadi lebih simpel dan praktis bagi kita.
2. Laporan.
Laporan para pelajar sebelum komputer seperti karya tulis, skripsi, diketik manual dengan mesin ketik. sehingga tidak pakai printer. Pekerjaan yang ada perhitungan akan menghitung manual pakai kalkulator yang mahal-mahal jika memerlukan rumus-rumus dan angka yang digitnya banyak. Sekarang dengan adanya komputer banyak yang dikerjakan dengan komputer dengan aplikasi yang ada.
3. Surat menyurat.
Dulu kantor pos selalu ramai dengan orang-orang yang berkirim surat ke sanak saudaranya yang jauh. namun kini berbeda jauh kondisinya. Surat menyurat sudah digantikan dengan adanya sms lewat handphone, dan email.
4. Telephone.
Warung telekomunikasi (Wartel) sebelumnya menjamur dihampir tiap gang. dan tiap rumah orang yang mampu punya telephone rumah. Namun hadirnya handphone merubah gaya hidup tersebut. sehingga bisnis wartel kemudian banyak yang berganti jadi bisnis warnet (warung internet).
5. Munculnya ATM
Bepergian jauh memerlukan uang yang banyak. selain untuk biaya perjalanan itu sendiri juga untuk hal yang menjadi tujuan utamanya. Sehingga pada masa itu banyak terkenal banyak perampok dan pencopet serta tukang gendam. Hadirnya teknologi ATM bank-bank pemerintah maupun swasta, menyebabkan mudahnya menarik uang di kota mana saja, sehingga tidak perlu membawa uang tunai yang banyak dalam perjalanan. Selain itu juga ketika mau berbelanja. tidak perlu bawa-bawa uang tunai yang bisa menyebabkan kantong susah berjalan...









Tidak ada komentar:

Posting Komentar