Rabu, 27 Maret 2013

BELAJAR MICROSOFT EXCEL 2007

Pada dunia kerja maupun pelajar dalam mengerjakan tugasnya tak lepas dari program yang satu ini, Microsoft Excel. Dengan rumus rumus excel yang paling sering digunakan dalam pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan data angka angka  pada sebuah perkantoran (office). rumus excel sangat beragam dan ada yang bisa dikombinasikan. Buat anda siswa, pelajar, mahasisawa, atau pekerja yang pemula dengan rumus Ms excel atau mau belajar Ms excel bisa di simak penjelasan berikut :

1. SUM
Rumus SUM ini paling sering di gunakan, fungsi utamanya adalah untuk penjumlahan /menjumlahkan. contoh:

=SUM(B1:B20) ini artinya menjumlahkan data yang di kolom B1 sampai B20

2. AVERAGE
Fungsi ini untuk mengambil nilai rata-rata suatu variabel, contoh :

= AVERAGE (D27:E27) artinya menngambil nilai rata-rata dari D27 sampai E27.

3. AND
Fungsi Menghasilkan nilai TRUE jika semua argument yang diuji bernilai BENAR dan bernilai FALSE jika semua atau salah satu argument bernilai SALAH.
Contoh kasus : Peserta ujian dinyatakan lulus jika nilai ujian teori dan praktik masing-masing harus di atas 6, jika kurang dari 6 maka dinyatakan gagal.

4. NOT
Fungsi not ini adalah kebalikan dari fungsi AND, yaitu menghasilkan TRUE jika kondisi yang diuji SALAH dan FALSE jika kondisi yang diuji BENAR

5. OR
Fungsi ini Menghasilkan TRUE jika beberapa argument bernilai BENAR dan FALSE jika semua argument SALAH

6. SINGLE IF
Fungsi ini Menguji kebenaran suatu kondisi.

7. MULTI IF
Fungsi hampir sama dengan fungsi IF akan tetapi di ambil dari dua kondisi. contoh kasus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar