Kamis, 28 Maret 2013

olahraga bagi kesehatan

Pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang olahraga, Kenapa? Karena olahraga amat sangat berguna dalam meingkatkan kualitas kebugaran (fit) tubuh kita dan berpengaruh kepada pikiran kita. sehingga berdampak pada kesehatan tubuh secara umum. Siapa sih yang mau gampang sakit, mudah terkena penyakit.
Orang yang jarang olahraga bahkan tak pernah olahraga, ia tidak mengeluarkan keringat, dan ototpun tidak mengalami pergerakan yang seharusnya sehingga dapat mengurangi masa otot dan tubuh kita, juga ia akan tidak punya tenaga yang cukup kuat untuk mengangkat sesuatu barang, atau memindahkannya. atau dengan kata lain ringkih.
Nah untuk menghindari hal-hal seperti ringkih,dan kurang fit ini kita seyogyanya rajin melakukan olahraga.
Pilihlah olahraga yang murah jika anda tak punya budget cukup. namun jika punya cukup uang anda bisa memilih yang sesuai dengan gaya hidup anda.
Dengan olahraga yang teratur dan cukup tubuh akan selalu bugar, dan sehat, dan suksespun akan lebih bermakna. Apalah artinya memiliki berjuta-juta uang jika kita tiap hari merintih kesakitan.
Olahraga yang bisa Anda lakukan, dan pilih untuk kebugaran anda:
1. Lari.
Lari dipagi hari, amatlah murah dilakukan. tanpa sewa tempat. Cukup pakai sepatu olahraga yang nyaman dan langsung lari dijalan atau di lapangan. Pesan saya jangan terlalu pagi dilakukannya karena terutama dimusim kemarau ada kabut air yang justru berbahaya untuk paru-paru kita. lakukanlah dihari libur agak siang setelah munculnya sinar matahari pagi. Dan gunakan sepatu yang sesuai. Jika tidak pakai sepatu, keadaan tanah atau aspal masih basah, maka kaki anda bisa mengelupas. saya pernah mengalaminya. juga untuk menghindari dari menendang batu atau benda lain yang berbahaya bagi kaki anda.
Olahraga lari juga bisa dilakukan di rumah kita. Jika kita sibuk maka bisa dilakukan di ruang belakang rumah atau depan yakni lari ditempat. Dengan lari maka jantung kita tambah sehat, karena lebih terpacu kerjanya, semakin lari kencang maka jantungpun berdetak semakin kencang. Olahraga ini punya kelebihan bisa dilakukan seorang diri tanpa harus ada partner.

2. Bulu tangkis
Untuk kepentingan kesehatan, bulu tangkis tak harus dilakukan dilapangan khusus bulu tangkis, anda bisa melakukannya di ruang terbuka yang cukp luas disekitar rumah anda. halaman depan rumah atau jalan depan rumah jika sepi dan tidak ada yang lewat. namun jangan dilakukan jika itu banyak yang lewat dan menurut anda berbahaya. Dengan olahraga ini anda akan lari maju mundur, ke kanan ke kiri, mengejar kok untuk ditangkis dibalikkan ke lawan main. Dan anda akan sering tertawa, atau tersenyum ketika berhasil, bahkan ketika gagal. Olah raga ini jika dilakukan dengan pasangan anda juga akan semakin mendekatkan keintiman hubungan berdua. Tidak hanya kaki dan tangan anda yang telatih ototnya, mata anda juga terlatih mengawasi pergerakan kok, sehingga mata anda bisa semakin awas dan waspada.

3. Renang
Sebagian hidup kita selain daratan juga banyak kita jumpai air. sering terjadi banjir, sungai meluap, dan sebagainya. Kalau kita tidak bisa renang dan bertemu dengan air takut. Selain ga mungkin jadi tentara, apalagi angkatan laut. jika terjadi banjir juga tidak bisa menyelamatkan diri dan orang lain. Selain mendapatkan keselamatan yang lebih baik ketika terjadi banjir dan yang berkaitan dengan air, renang juga merupakan olahraga yang baik buat kesehatan. terutama jantung dan pernapasan. namun perlu hati hati bagi anda yang punya penyakit ayan, dimana bisa sewaktu-waktu pingsan di air. perlu ada teman yang selalu dekat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pilihlah berenang di kolam yang airnya tidak banyak mengandung kaporit, karena selain perih dimata, juga dirambut ada efeknya. Langsung bilas yang bersih dengan air biasa sesudah renang.

4. Senam
Pada saat ini saya rasa hampir tiap kota ada kegiatan senam bersama di lapangan-lapangan terbuka.Dimana ada instruktur dan musik senam yang disetel. Biasanya sih ibu-ibu yang paling banyak. karena lelaki mungkin kurang suka dengan olahraga ini. karena kurang cukup mengeluarkan tenaga. tapi menurut saya bagus juga dilakukan dan diikuti Gerakan senam yang bervariasi dari gerakan kepala, leher, tangan, dada, perut, sampai kaki secara urut dan bergantian akan meregangkan otot otot dengan baik.

Anda punya kegiatan olahraga yang lain. silahkan tambahkan dikolom komentar.

__________--Semoga Bermanfaat-- ______________









Tidak ada komentar:

Posting Komentar