Rabu, 27 Maret 2013

NILAI EKONOMIS SINGKONG

Singkong atau ubi kayu banyak tumbuh dan ditanam para petani. karena mudahnya hidup dan berbuah tanpa banyak perawatan khusus. buahnya juga enak dimakan serta dapat dibuat berbagai macam kue.
Nah buat apa sajakah singkong saat dulu dan kini?
.
1. Daun singkong. pada jaman dulu bisa untuk pakan ternak, seperti kambing atau kerbau atau babi. Namun perlu hati-hati karena jika daunnya sudah layu atau bagaimana bisa menyebabkan hewan yang memakannya mati atau keracunan. juga untuk disayur buat lauk makanan. Saat ini daun singkong dengan adanya rumah makan padang, banyak dijadikan sayur utama mereka. Pernah dengar cerita di daerah Subang, Jawa barat. hanya berjualan daun singkong sampai bermobil-mobil dikirim ke daerah sekitarnya, coba jika satu kilonya Rp 500,00 dan satu mobil= 20.000 kg. sudah Rp 2000.000,00.
2. Umbi singkong, ubi kayu, ketela pohon. Pada jaman dulu mungkin banyak dijadikan gaplek yakni dikupas, diiris dan dijemur. untuk kemudian dibuat masakan seperti gatot, sewol, dan lainnya. Selain itu juga banyak aneka kue basah maupun yang digoreng dari singkong untuk keperluan ketika ada hajatan keluarga. Kini singkong bisa diolah menjadi kue kering seperti lanting. dan bisa diproduksi secara massal.
Di daerah seperti jawa barat dibuat peyem, atau tape, dan  keripik singkong. yang kesemuanya mempunyai nilai jual yang cukup lumayan untuk dijadikan bisnis anda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar